Rabu, 03 September 2014

Bersua Adik Tanah Lot dalam Lombok

Kita paling kenal Tanah Lot di Bali, ialah suatu pura yang ada dalam batuan karang pinggir pantai. Dewasa ini, Pulau Lombok juga punyai pura mirip ini. Inilah Pura Batu Bolong, ‘adik’ dari Tanah Lot.

Tanah Lot menjadi pura yang unik di Bali. Karena, pura itu ada di atas batuan karang juga ada di lepas pantai. Pulau Lombok juga rupanya juga punya pura dan pemandangan yang sejenis, adalah Pura Batu Bolong.

“Bisa dibilang inilah adiknya Tanah Lot,” ujar pemandu lokal, Surya Pratama

Pura Batu Bolong letaknya dalam kawasan Pantai Senggigi, tepatnya di Jl Raya Senggigi Km empat, Lombok. Pura ini berada persis di pinggir pantai dan batuan yang diyakini eks letusan Gunung Rinjani.
Demi tiba di Pura Batu Bolong, wisatawan dapat memakirkan kendaraan pada lokasi parkir yang telah ditawarkan. Tiket masuknya juga lewat sukarela saja.

“Pura Batu Bolong bertambahnya Sabtu dan Minggu, karena saat itu masyarakat Pulau Lombok dengan berulang berwisata ke sini untuk berenang,” tutur Surya.

Sekilas, Pura Batu Bolong seperti dengan Pura Tanah Lot. Cuma saja, pantai pada selingkungan Pura Batu Bolong didominasi tapi hamparan pasir. Bukan mirip Pura Tanah Lot yang pantainya adalah bebatuan karang. Menurut dikarenakan ini, banyak anak-anak minor yang tampil air dalam pinggiran pantai.

“Coba saja naik menuju bertemu kemudian tunggu ke bawah. Ada sangat banyak bebatuan serta pemandangannya semacam sedang di Tanah Lot,” imbuh Surya.
Bermacam rombongan naik menuju bersua Pura Batu Bolong. Meskipun berada umat Hindu yang sedang beribadah, mereka mempersilakan kami demi foto-foto di sekitarnya. Benar ucap Surya, pemandangan dari kontra Pura Batu Bolong semacam dengan Pura Tanah Lot. Berada lautan membentang dengan bebatuan hitam yang seolah berserakan di pinggiran pantai.

Mengapa dimaksud batu bolong? Sebab ada susunan batu yang membentuk lubang besar di sini. Letaknya ada di bawah pura. Anda berhasil melihatnya dari dekat dan serta berfoto-foto dalam sana.

Ketika melancong ke Senggigi, sempatkan mampir menuju Pura Batu Bolong. Pemandangannya bakal mengingatkan Anda dan Tanah Lot yang berada pada Bali. Habiskanlah kala sampai senja di sana, berada sunset cantik berlatar Gunung Agung!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar